Wednesday, May 8, 2013

Short Escape: Penang Day 3

Hari terakhir di Penang, sebenernya masih banyak banget objek wisata yang belum didatengin, ada Bukit Bendera, Kek Lok Sie Temple, Gurney Drive, dan juga masih banyak makanan yang belom dicicipi. Tapi hari itu akhirnya kita pilih santai-santai aja, udah nggak mood mau kemana-mana, hhe..

Jadi deh setelah Check Out, kami jalan kaki ke arah Chulia Street, makan Nasi Kandar di Mustafa lagi, anggap aja perpisahan, hhe.. Dari Church Street ke Chulia Street lewat kawasan Little India. Ntah kenapa, kebanyakan orang yang traveling menjadikan Little India sebagai satu kawasan yang harus didatangi. Tapi buat saya, ntah itu di Singapore, di Kuala Lumpur, saya nggak terlalu suka berada di Little India. Selain karna saya nggak kuat sama bau bunga-bunga dan bau (semacam) dupa dan juga biasanya di Little India, suara musiknya itu lho, di sederetan toko bisa semua toko pasang musik super kenceng..

Waktu di Mustafa Resto, sambil makan kita bahas mau kemana setelah itu. Akhirnya kita memutuskan untuk naek Ferry aja ke Butterworth. Ngapain? Ya nggak ngapa-ngapain, nyobain aja, hehe.. Dari Chulia Street kami jalan lagi ke arah Terminal Jetty. Di Jetty atau yang kalo dalam bahasa Indonesia itu Pelabuhan, untuk masuk ke Ferry, ikutin aja directionnya, ada jalan khusus untuk pejalan kaki. Ferry dari Penang Island ke Butterworth kalo nggak salah inget sekitar RM 3 untuk return, dan lamanya sekitar 15 menit sekali jalan.

Sampai di Butterworth, kita turun dan keluar ke arah Terminal. Rame banget! Hampir samalah sama Terminal di Indonesia, bedanya di sana lebih rapi, naek turunnya penumpang ada platformnya sendiri sendiri. Bingung mau ngapain, jalanlah kita ke Medan Selera, Foodcourt gitu. Di sana sambil istirahat kita pesen ABC Ice, semacam es campur gitu deh kalo di Indonesia. Yang jualan di sana, yang makan di sana, kebanyakan orang-orang Indonesia, yang kalo lagi ngomong pake bahasa Melayu, nggak keliatan kalo mereka orang Indonesia, tapi begitu ngomong ke temennya, pakenya bahasa jawa! Hehe.

Setelah ngabisin satu gelas gede ABC Ice, kita balik lagi ke Jetty dan naek Ferry balik ke Penang Island. Untuk masuk ke Ferry, bayarnya pake koin gitu, dimasukin ke ticket machine. Makanya kita harus siapin uang pas. Tapi kalo kita nggak punya koin, kita bisa nukerin uang dulu di counter.

Sampai lagi di Pangkalan Raja Tun Uda, Pelabuhan di Penang Island, kami memutuskan untuk nyobain naek CAT (Central Area Transit) Free Shuttle Bus ke KOMTAR. CAT Bus ini rutenya mengelilingi Georgetown dan berhenti di 19 titik di Georgetown. Bus ini walaupun gratis, tetep aja lebih bagus dibanding bus kota yang bayar di Indonesia, hehe. Tapi yaa, jangan terlalu berharap untuk bisa duduk ya, penuh banget soalnya, hhe.. Meskipun gitu tetep nyaman kok walaupun harus berdiri..

Di KOMTAR, sambil nunggu Bus Rapid Penang 401 untuk ke Bandara, Saya & Wahyu masuk ke Mall, niatnya sih mau cari makan sekalian ke kamar mandi dulu. Ternyata di Mall itu, kalo nggak salah sih Perangin Mall, ada counternya Penang Road Famous Teochew Chendul.. Mayan. Jadi deh beli Ice Chendul (cendol deh cendol, hehe) sama beli laksa.

Nyampe bandara baru jam 3an, padahal pesawat kita jam 6. Setelah print boarding pass di selfcheckin machine, kita agak bengong gitu liat nomor seat kita. Kita dapet Hot Seat euy. Hehe, mayaan.. Padahal yaa Hot Seat ataupun bukan sih sebenernya ya sama aja, nggak kerasa ada bedanya juga. Bedanya sih kita masuk ke pesawatnya duluan, kekeke..

Yak, selesailah liburan singkat (yang nggak kerasa liburannya) ini.. Kalo ditanya mau balik lagi ke Penang atau enggak ? hehe, kalo gratis sih mau, tapi kalo bayar sendiri, udah cukup sekali aja..

Saran saya sih, kalo mau liburan, kudu jaga kesehatan, dan juga jaga mood, biar bisa memaksimalkan waktu buat menjelajah kemana-mana.. :)