Friday, March 9, 2012

Transportasi Menuju Kuala Lumpur International Airport dan LCCT

Kuala Lumpur memiliki dua Bandara Internasional, yaitu Kuala Lumpur International Airport (KLIA) dan Low Cost Carrier Terminal (LCCT). KLIA yang merupakan salah satu dari bandara termewah di Asia, digunakan untuk hampir semua jenis penerbangan, baik domestik maupun internasional (termasuk diantaranya adalah Lion Air dan Garuda Indonesia). Sedangkan LCCT hanya digunakan oleh tiga maskapai penerbangan berbiaya rendah, yaitu AirAsia, Cebu Pasific, dan Tiger Airways.
Kuala Lumpur International Airport


Baik KLIA maupun LCCT terletak di Sepang, berjarak sekitar 45-60 KM dari Kuala Lumpur. Oleh karena itu, untuk menuju Kuala Lumpur masih diperlukan transportasi lanjutan.


Transportasi KLIA dari dan ke Kuala Lumpur:

  • KLIA Express

Transportasi ini merupakan transportasi paling nyaman dan cepat untuk menuju Kuala Lumpur (KL Sentral) ataupun KLIA. Dengan tarif RM 35 /orang, dan interval keberangkatan setiap 15 menit, perjalanan KLIA-KL Sentral maupun KL Sentral-KLIA hanya ditempuh dalam waktu 28 menit. KLIA Express beroperasi sejak pukul 5 pagi hingga pukul 12 malam.

  • Taxi

Biaya taxi dari KLIA ke KL Sentral ataupun sebaliknya adalah sekitar RM 100. Karena taxi di Kuala Lumpur jarang sekali ada yang menggunakan argometer, maka sebaiknya menggunakan taxi resmi, yang vouchernya dapat dibeli di dekat pintu keluar Terminal Kedatangan KLIA ataupun di KL Sentral. 

  • Minibus

Dengan kapasitas sekitar 7 orang, tarif sewa minibus berkisar antara RM 120 - RM 140, baik dari KLIA ke KL Sentral, maupun sebaliknya.

  • Airport Coach KLIA

Aiport Coach KLIA
(foto diambil dari http://airportcoach.com.my/)

Bus ini menghubungkan KLIA dengan KL Sentral dalam waktu tempuh sekitar 75 Menit, dengan tarif RM 10, dan berangkat setiap satu jam sekali. Tiket Airport Coach dapat dibeli di Terminal Kedatangan KLIA, di Terminal Bus KLIA Ground Floor, dan juga di KL Sentral (http://airportcoach.com.my). Airport Coach beroperasi mulai pukul 05.00-22.00.


Transportasi LCCT dari dan ke Kuala Lumpur:

  • Skybus & Aerobus.

Aerobus
(foto diambil dari http://lcct-klia.com/)

Skybus
(diambil dari http://www.klia2.info/)

Transportasi ini merupakan transportasi termurah untuk menuju LCCT maupun KL Sentral. Skybus yang beroperasi setiap setengah jam sekali, dengan waktu tempuh selama 75 menit, bertarif RM 9 /orang untuk sekali jalan (www.skybus.com.my/). Sedangkan Aerobus menetapkan tarif sekali jalan RM 8 untuk dewasa, RM 4 untuk anak anak, sedangkan untuk perjalanan pulang pergi, RM 14 untuk dewasa dan RM 8 untuk anak anak  (www.aerobus.my/). Loket pembelian tiket Skybus dan juga Aerobus terletak di dekat pintu keluar Terminal Kedatangan LCCT.

  • Taxi

Sama halnya dengan taxi dari KLIA, tarif taxi LCCT - KL Sentral ataupun sebaliknya berkisar antara RM 80 - RM 100.

  • Minibus

Tarif sewa minibus baik dari LCCT - KL Sentral ataupun KL Sentral - LCCT juga sekitar RM 120 - RM 140.

No comments:

Post a Comment