Wednesday, May 8, 2013

Short Escape: Penang Day 2




Hari kedua di Penang, saya keluar dari Church Street Inn sekitar jam 9 pagi. Hostel tempat saya menginap nggak kasih kita sarapan, jadi deh Saya & Wahyu makan pagi di Old Town White Coffee yang letaknya cuma selang beberapa bangunan dari Church Street Inn. Di Old Town, kami cuma pesen 1 porsi Kaya Toast yang isi 4 + Ice Chocolate. Tapi begitu Kaya Toastnya dateng, penonton kecewa. Tadi khan pesennya yang isi 4, lha dikasihnya cuma isi 2. Pengen protes, tapi kata wahyu, yaudalah nggak usah, makan aja yang ada.. huhu, menyedihkan.

Setelah sarapan, kami jalan kaki ke arah Beach Street menuju Victoria Clock Tower. Oya, Old Town White Coffee ini ada di area Whiteaways Arcade. Whiteaways Arcade sendiri merupakan bangunan yang menjadi salah satu icon di Georgetown, terdapat deretan butik, café, galeri seni, dan ada juga toko souvenir khas Penang.





Dari Beach Street, kami berjalan ke kawasan Padang Kota Lama, dimana terdapat City Hall, Town Hall, dan Esplanade. Setelah foto-foto sebentar, kami lanjut jalan ke Masjid Kapitan Keling Street. Di kawasan ini terdapat beberapa tempat ibadah dari agama agama terbesar yang dianut masyarakat Penang, yaitu St. George’s Church, The Goddess of Mercy Temple, Masjid Kapitan Keling dan juga Hindu Temple yang letaknya lumayan berdekatan.

City Hall, Penang
 


Masjid Kapitan Keling

Cuaca di Penang waktu itu sangat panas meskipun baru jam 10 pagi. Baru berjalan kaki sekitar 1 jam, tapi kaos yang Saya & Wahyu pakai sudah basah keringat saking teriknya matahari. Dari Masjid Kapitan Keling, kami lanjut jalan ke arah Cannon Street. Di ujung Cannon Street kita masuk ke kawasan Aceh Street, yang merupakan sebuah perkampungan warga Aceh, disana terdapat Masjid Melayu Lebuh Acheh Pulau Pinang sebagai landmarknya.


Masjid Lebuh Acheh Pulau Pinang
Street Art @ Cannon Street
Setelah jalan lumayan jauh, sampai juga kami di KOMTAR. Di Penang Island, kegiatan perekonomian ternyata baru dimulai jam 11 siang. Waktu kami masuk di Mall yang ada di KOMTAR, toko-toko banyak yang belum buka. Begitu juga foodcourt, belum ada yang melayani pembelian. Akhirnya kami pilih KFC untuk tempat istirahat sekalian ngadem.

Ada sekitar satu setengah jam kami cuma duduk duduk unyu di KFC. Rasanya kaki udah lumayan gempor soalnya. Waktu itu memang Saya & Wahyu juga dalam kondisi yang tidak terlalu fit. Setelah pikir-pikir mau kemana, akhirnya kami memutuskan untuk naik Bus Rapid Penang ke Batu Feringghi, saya yang norak ini cuma pengen foto di Hardrock Cafe, hahaha. Wahyu akhirnya mengiyakan saja meskipun keliatannya dengan berat hati.. :D

Di Terminal Bus KOMTAR, terdapat beberapa platform yang menjadi tempat naik turunnya penumpang. Nomor Platform sesuai dengan Nomor awal bus. Misalnya saja bus menuju Batu Feringghi adalah nomor 101 dan 102. Maka kita harus menunggu bus tersebut di Platform 1. Begitu juga untuk Bus menuju Bandara bernomor 401 dan 401E maka kita harus menunggu bus tersebut di Platform 4.

Perjalanan dari KOMTAR ke Batu Feringghi adalah sekitar 40 menit dengan tiket RM2,70. Untuk bayar tiket Bus Rapid Penang, disarankan untuk membayar dengan uang pas. Jalan menuju Batu Feringgi ini berkelok-kelok, kanan pantai, kiri bukit dan juga apartemen-apartemen mewah. Kalo lagi nggak dapet tempat duduk, siap-siap pegangan yang kenceng atau kalo nggak bisa terlempar-lempar, saking jalannya berkelok-kelok.

Sampai di Batu Feringghi, kami diingatkan si supir untuk turun karena waktu kita naek, kita bilang mau ke Batu Feringghi. Jadi kami turun di depan Seaview Holiday Homestay. Dan ternyata, dari Seaview Holiday Homestay ke Hardrock Café itu masih 2,2 KM lagi! DANG. Dan yaa, demi kenorakanku yang pengen foto di Hardrock Café, kita lanjut lagi jalan kaki. Karena aku yang mau ke Hardrock Café, Wahyu ngingetin kalo aku nggak boleh ngeluh. Jadi deh, aku ngedumelnya dalam hati aja, hehe. Sampai di Hardrock Café, udah, foto gitu doang, muahaha. Sebenernya sih pengen masuk ke Café nya atau sekalian liat liat souvenir, tapi yaudah deh, daripada berantem, lanjutlah kita jalan kaki balik ke tempat kita turun tadi.


Sebenernya sih ada Free Shuttle Bus di area Batu Feringghi itu untuk ke Hardrock Café, tapi sayangnya daripada nunggu lama, udahlaah, jalan aja (walaupun gempornya pake banget). Akhirnya sih kita dapet Bus untuk balik ke Georgetown nya lagi di depan Golden Sands by Sangri-La Hotel, 1,5 KM dari Hardrock Café.

Belum cukup kaki disuruh kerja sampai disitu, Bus untuk balik ke Georgetown ternyata penuh banget. Jadi deh, kita harus berdiri selama kurang lebih 40 menit sampai Bus nurunin penumpang di KOMTAR. Dari KOMTAR, penumpang berkurang, kami nggak turun, tapi lanjut ke Jetty saja, dan alhamdulillah kita dapet tempat duduk. Setelah itu kami balik ke Hostel, istirahat. Sebelum nyampe di Hostel, mampir ke minimarket di Whiteaways Arcade buat beli KOYO, hahaha. Jadi deh balik hostel tempel-tempelan koyo, LoL.

Setelah Maghrib, sebenernya masih pengen kemana-mana, masih banyak tempat-tempat yang belum didatengin, masih pengen makan di Gurney Drive, tapi apalah daya, kaki udah gempor pake banget dan badan juga udah rasa nggak enak banget, jadilah kita cuma jalan-jalan di sekitar Church Street, Queen Street, Penang Street dan balik ke arah Beach Street. Setelah Maghrib, tempat makan di sekitaran tempat-tempat itu ternyata banyak yang tutup. Kita juga bingung, apa emang kita yang kurang beruntung kok kita nggak ketemu tempat makan yang keliatannya enak. Akhirnya kita malah makan di Subway di Whiteaways Arcade, hahaha. Di KL makannya Subway, di Penang makan Subway lagi, yaelaah..



Saya yang penasaran hari itu udah jalan berapa jauh, dengan isengnya ngitung via Google Maps, dan bengong liat hasilnya! Saya sudah jalan sekitar kurang lebih 15 KM! Ya pantes gempor.. Setelah makan malam kita balik hostel, istirahat, pasang KOYO banyak banget dan langsung tepar di kamar masing-masing, kekeke..

PS: Sebenernya ada CAT Free Shuttle Bus untuk keliling Georgetown gitu, tapinya kita nggak sabar buat nunggunya, makanya dengan sombongnya kita jalan kaki dan berakhir tepar..

No comments:

Post a Comment