Tuesday, April 23, 2013

Short Escape: Penang Day 1



Awalnya iseng ngecek website AirAsia, ternyata lagi ada promo. Setelah cari-cari kemana yang nggak terlalu mahal, dapetlah tiket return KUL-PEN-KUL seharga RM84 (sekitar Rp 265.000, waktu itu kursnya RM1 = Rp 3150.. nggak terlalu murah sih, tapi lumayan murah untuk tiket yang dibeli sebulan sebelum hari H).
Sebelum keberangkatan, nggak biasanya saya merasa biasa-biasa saja. Biasanya, setiap mau liburan, selalu excited, dari mulai searching tempat-tempat apa saja yang akan didatangi di sana, dimana tempat makan yang recommended, sampai menyusun itinerary sedetail mungkin. Tapi untuk liburan kali ini, Saya & Wahyu pergi tanpa menyusun itinerary. “gimana ntar di sana deh”..




Pesawat AirAsia AK6128 dari Kuala Lumpur mendarat di Penang International Airport sekitar jam 7 sore waktu Penang (masih sore, karena jam 7 di sana matahari belum tenggelam), molor satu jam dari waktu yang dijadwalkan. Segera setelah landing, Saya & Wahyu buru-buru keluar dari Airport dan langsung cari Bus Rapid Penang 401, untuk tujuan Georgetown. Untunglah waktu kami keluar, Busnya baru saja datang, jadi kami tidak harus menunggu lama. Halte Bus Rapid Penang ini terletak di seberang Pintu Keluar. Untuk menuju Georgetown, bisa ambil Bus dengan nomor 401 dan juga 401E yang berangkat setiap 30 menit - 1 jam sekali, dengan tarif sekitar RM3. -Katanya, kalo Bus 401E ada wifi di dalamnya-. Perjalanan dari Penang International Airport yang terletak di Bayan Lepas menuju Geogetown berjarak 16KM dan memakan waktu sekitar 40 menit – 1 jam perjalanan.



Bus Rapid Penang dari Airport biasanya akan menurunkan penumpang di KOMTAR dan berakhir di Terminal Jetty. KOMTAR (Kompleks Tun Abdul Razak) yang katanya merupakan gedung tertinggi di Pulau Penang, berfungsi sebagai pusat perkantoran, pusat perbelanjaan dan juga pusat terminal bus untuk keseluruh rute di Penang. Sampai di KOMTAR, melihat banyak penumpang yang turun, Saya  & Wahyu ikut turun. Pergi liburan kali ini kami tidak melakukan riset terlebih dahulu. Buta Arah. Dan sialnya, kami lupa ambil peta waktu di Airport.

Akhirnya, berbekal semangat + Google Maps, kami jalan kaki menuju Church Street Inn Hotel di Lebuh Gereja (Church Street). Google Maps bilang, jarak dari KOMTAR menuju Church Street Inn sekitar 1,6 KM dan bisa ditempuh dalam waktu 20 menit. Dengan info yang didapat dari Google Maps, kami berdua jalan semangat. Jalan kaki di sekitar Georgetown kalo malam ternyata agak mengerikan. Waktu itu padahal baru sekitar jam 8 malam. Banyak bangunan-bangunan tua yang dindingnya terlihat sudah berlumut dan berubah warna kehitam-hitaman dan juga jalanan yang sepi makin bikin efek spooky.

Kita berdua hampir hopeless karena sudah 20 menit jalan kaki, tapi Google Maps menunjukkan kalo jarak ke Church Street Inn masih lumayan jauh. Padahal kita berdua sudah jalan dengan tenaga maksimal dan langkah panjang. Dan waktu sudah hampir hopeless, di Lebuh Chulia kami lihat Restoran Nasi Kandar Mustafa yang katanya terkenal. Jadi deh isi perut dulu..

Nasi Kandar Mustafa merupakan salah satu makanan yang masuk dalam daftar ‘you must eat’ kalo lagi di Penang. Satu porsi Nasi Kandar bisa bikin kenyang pake banget.

Setelah kenyang, kami lanjut jalan kaki menuju Church Street Inn. Dan akhirnya setelah hampir satu jam jalan kaki, sampai juga kami di Hotel. Waktunya istirahat..

PS : untuk kalian yang mau menginap di Church Street Inn atau Hotel di sekitar Lebuh Pantai (Beach Street), lebih baik kalo naek Bus dari Airport jangan turun di KOMTAR, tapi turun saja di Terminal Jetty, lebih dekat jalan kakinya. Atau kalopun turunnya di KOMTAR, better naek taxi aja, daripada gempor. hehehe..

No comments:

Post a Comment