Wednesday, February 29, 2012

Welcome to Pangkor Island

Menyambut datangnya 2012, saya dan beberapa teman merayakan malam pergantian tahun di Pulau Pangkor. Pangkor Island atau Pulau Pangkor, terletak di Negeri Perak, merupakan pulau kecil yang terletak di Semenanjung Malaysia Barat Laut. Dari Kuala Lumpur ke Pulau Pangkor dapat dicapai dengan menggunakan bus. Untuk tiket bus dari Kuala Lumpur dapat dibeli di Puduraya Bus Terminal, yang nantinya bus juga akan diberangkatkan dari Terminal tersebut.

Pangkor Island Map
(Gambar diambil dari http://www.pangkor-malaysia.com/pangkor-map/)

Kami berangkat dari Kuala Lumpur jam 10 pagi. Perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Pulau Pangkor ditempuh selama lebih kurang 4 jam menggunakan bus dan kemudian dilanjutkan menyebrang menggunakan feri dari Terminal Jeti Lumut selama 40 menit. Tiket feri seharga 10 ringgit untuk pergi-pulang, jadi tiket tersebut jangan sampai hilang..

Terminal Jeti Lumut

Tiba di Pulau Pangkor, kami langsung mencari taksi untuk mengantarkan kami ke Coral Bay Resort, tempat kami menginap. Di Pulau Pangkor, anda bisa menyewa taksi seharga 10 ringgit untuk kemanapun anda mau. Taxi ini berkapasitas maksimal 10 orang. Jadi, jauh dekat, lama sebentar, sendiri atau rame rame, ya bayarnya tetap 10 ringgit.

Welcome to Pangkor Island

Resort tempat kami menginap, Coral Bay Resort,  terletak sangat dekat dengan Pasir Bogak Beach, hanya berjarak kurang lebih 100 meter. Menjelang senja, setelah beristirahat sebentar, kami berjalan kaki menuju Pantai Pasir Bogak. Sore terakhir di 2011 itu kami lewatkan di pinggir pantai, dengan menikmati sunset..

Soal makanan, tidak perlu khawatir. Mayoritas mata pencaharian penduduk Pulau Pangkor adalah nelayan, sehingga banyak sekali resto dan penjual makanan pinggir jalan yang menawarkan seafood sebagai menu utama.

Perayaan pergantian tahun di Pulau Pangkor, khususnya di Pantai Pasir Bogak tidak terlalu meriah, hanya terlihat percikan percikan kembang api serta suara ledakannya yang sahut menyahut dari beberapa sisi lain Pulau Pangkor. di Pantai Pasir Bogak sendiri, terlihat anak anak bermain petasan, ada beberapa keluarga yang bermain kembang api, dan juga ada sekelompok orang yang menerbangkan 'lampion harapan'..