Thursday, September 6, 2012

The Amazing Sempiak Villas

"Awesome! Is this Paradise?" Itulah yang pertama kali terlintas di pikiran saya ketika menginjakkan kaki di Sempiak Villas. Hamparan pasir putih, biru air laut, hijau pepohonan dan juga kebun tembakau merupakan suguhan luar biasa mengagumkan yang menjadi pemandangan di Sempiak Villas. The view is so beautiful, the atmosphere is so peaceful and you can be sure that you'll never get bored..

Pantai Selong Belanak, dilihat dari teras Villa Kruing

Sempiak Villas berlokasi di kawasan bukit di tepian Pantai Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Perjalanan menuju Sempiak Villas dapat ditempuh selama lebih kurang 25 menit dari Lombok Praya International Airport (LOP) dengan mengendarai mobil.

Pantai Selong Belanak

Dalam perjalanan ke Sempiak Villas, kita dapat menikmati cantiknya perbukitan, kebun tembakau, kebun kangkung, dan jika beruntung, kita bisa bertemu monyet yang berkeliaran di pinggir jalan. Tak jarang pula driver harus memperlambat laju kendaran, atau bahkan terpaksa menghentikan kendaran karena harus menunggu barisan kerbau lewat.

Sempiak Villas merupakan Private Villa, yang terletak di atas bukit yang agak jauh dari pemukiman warga. Kesan private dan exclusive langsung terasa sejak saya tiba di sana. Sebelum gerbang dibuka, ada dua orang petugas security yang memastikan keperluan saya datang ke sana. Untunglah, karena saya sudah booking dari jauh-jauh hari, jadi ketika saya sebut nama, mereka langsung membuka pintu gerbang dan mempersilahkan saya masuk.

Sempiak Villas memiliki beberapa tipe villa, yaitu Villa Kruing dan Villa Kokoh yang  dapat ditempati oleh maksimal 2 orang, serta Villa Okep yang dapat ditempati oleh 4 orang. Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi sempiakvillas.com.

Ketika pertama kali saya bilang akan menginap di Sempiak Villas, Mas Wahyu (sayangnya bukan Wahyu Sumartha. hehe), driver dari Mahardika Travel yang mengantarkan saya berkeliling Lombok selama beberapa hari, sempat heran. Dia bilang, jarang sekali ada wisatawan lokal yang tau dan langsung menuju Sempiak Villas, apalagi untuk yang baru pertama kali ke Lombok seperti saya.

Salah satu staff di Sempiak Villas pun sempat bilang, untuk dapat menginap di Sempiak Villas, biasanya harus booking paling tidak 6 bulan sebelumnya. Itupun belum tentu dapat. Karena memang jumlah Villa yang sangat terbatas. Jadi, beruntunglah saya bisa berkesempatan untuk stay di Sempiak Villas, meskipun hanya 2 malam..

Villa yang saya tempati, Villa Kruing, merupakan Studio Villa, villa terkecil, dengan satu queensize bed, kamar mandi, dan juga dilengkapi dengan dapur kecil serta study area.

Alat dapurnya pun terbilang cukup lengkap lho. Jadi kalo mau nginep di sana, mendingan bawa bahan makan, dan kalo malem-malem kelaperan, tinggal masak sendiri aja, hehe..

Untuk breakfast dan dinner, disediakan di pool area dengan view Pantai Selong Belanak yang membuat saya tidak pernah bosan berada di sana.

Pool Area

Sedangkan untuk makan siang, kita bisa makan siang di Laut Biru Cafe yang terletak sekitar 200 Meter dari Villa. Cafe yang dilengkapi dengan fasilitas wifi ini buka mulai pukul 10 hingga pukul 5 sore. Cafe ini tidak hanya dikunjungi oleh tamu dari Sempiak Villas saja, tetapi juga ramai oleh wisatawan di Pantai Selong Belanak.

Laut Biru Cafe
Untuk dinner by the pool, dikenakan charge 150k/orang. Selain itu kita bisa juga make a special request untuk dinner on the beach, dinner di pinggir pantai gitu, yang dikenakan charge sebesar 180k/orang.. Harga tersebut merupakan harga satu set dinner yang sudah termasuk appetizer + main dish + dessert. Makanan untuk dinner nya sendiri baru akan disiapkan sekitar pukul 7.30 PM, tetapi jika kita sudah request untuk dinner on the beach, di area dinner akan disiapkan kursi dan juga bantal bantal untuk bersantai sembari menikmati sunset..

Besides the amazing landscape, there are many other things that make the stay worthwhile. The staff are so helpfull and hostile. It was amazing how they manage to care about many little things such as preparing anti-mosquito-lotions in the table, washing the dishes in our room when we are away, and many more.

The best memories of my time in Sempiak Villas are when I woke up in the morning to find an amazing scenery of blue sea in front of my eyes and seating around on the beach while reading a book all day long.. Itu baru beneran dibilang Holiday :)